2 Demo di Surabaya 2 November 2020: Aksi Demo Buruh dan Aksi Demo Terkait Pernyataan Macron

Sumber Foto SmartFM Surabaya · Demo Gerakan Tolak Omnibus Law (GETOL) di Surabaya (02/11/2020)

SURABAYA, SMARTFMSURABAYA.com – Terdapat 2 agenda aksi demo di Kota Surabaya hari ini yakni, aksi demo dari para buruh yang menolak Omnibus Law dan Upah Minimum Provinsi (UMP). Sedangkan unjuk rasa dari Muhamadiyah Surabaya dan Front Pembela Islam (FPI) Surabaya yang mengecam pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron terkait pernyataannya yang dinilai menyudutkan Islam.

Kepada SmartFM Kabag Humas Polrestabes Surabaya, AKP M Akhyar mengatakan personil yang di terjunkan untuk pengamanan aksi unjuk rasa di Jalan Mawar, Jalan Kombes Pol M Duriyat sekitar 874 personil. Sementara untuk pengamanan aksi demo buruh di Gedung Negara Grahadi dengan tuntutan menolak Omnibus Law dan Upah Minimum Provinsi (UMP) sekitar 1.801 personil dari kepolisian.

“Pengamanan di Konsulat Perancis Jalan Mawar pengamanan 874 personil dan di Grahadi disiapkan personil 1.801″ ungkapnya.

Ada sekitar 3 titik kumpul aksi buruh yang menuntut menolak Omnibus Law dan UMP hari ini yakni sisi barat frontage road jalan A.Yani, Bundaran Waru, dan Kebun Binatang Surabaya (KBS). Aksi ribuan masa buruh ini dimulai pukul 11 siang.

AKP Tirto Kanit Dikyasa Polrestabes Surabaya mengatakan untuk tujuan aksi buruh hari ini yakni di Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan, Dewan Perwakilan Rakyat Jawa Timur (DPRD Jatim) jalan Indrapura dan di Gedung Negara Grahadi Kota Surabaya.

“Kurang lebih jam 11, mungkin titik kumpul dari sana pas mungkin dari luar kota masuk. Tetep sasaran utama di kantor Gubernur di jalan Pahlawan, yang kedua di Dewan Tingkat I di Jalan Indrapura dan di Grahadi”, kata Tirto.

Terkait dengan jalur lalu lintas bagi pengendara di Kota Surabaya, AKP Tirto akan selalu memonitor dan menghimbau kepada pengendara yang akan beraktifitas hari ini, agar menghindari aksi demo yang sedang berlangsung hari ini dan mencari jalan alternatif.

“Mungkin pada intinya kami sampaikan, nanti akan waktunya unras (Unjuk Rasa) akan melintas, mungkin bisa mencari alternatif jalan lain. [lin]

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *