Apresiasi Tertinggi KPI untuk Jakob Oetama

Foto: (kiri-kanan) Rikard Bagun (Vice CEO KG Media), Andy Budiman (CEO KG Media), Liliek Oetama (CEO Kompas Gramedia), Mulyo Hadi Purnomo (Wakil Ketua KPI Pusat), Mimah Susanti (Koordinator Bidang Pengawasan Isi dan Siaran KPI Pusat), Glory Oyong (Corporate Communication Director KG)

SURABAYA, SMARTFMSURABAYA.com – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memberikan anugerah tertinggi Lifetime Achievement Award kepada almarhum Bapak Jakob Oetama, salah satu perintis Kompas Gramedia (KG), pada Malam Anugerah KPI 2021 (17/12/2021) di Studio 5 Emtek City, Jakarta.

Anugerah tersebut didasarkan pada perjuangan dan dedikasinya dalam bidang jurnalistik, termasuk dalam dunia penyiaran. KPI menilai Jakob Oetama memiliki peran penting dalam perkembangan industri media Tanah Air.

Sebagai salah satu tokoh pers nasional, Jakob Oetama dikenal sebagai sosok yang sederhana, humanis, jujur, dan berintegritas. Mencerahkan masyarakat menjadi fondasi utamanya dalam merintis Kompas Gramedia bersama P.K. Ojong. Jakob lahir di Desa Jowahan, tak jauh dari Candi Borobudur, Jawa Tengah pada 27 September 1931.

Ia mengenyam pendidikan tinggi di Universitas Gadjah Mada dan mengantongi gelar Sarjana Komunikasi pada tahun 1961. Sebelum menjadi wartawan, Jakob pernah menjadi guru SMP. Ia pun pernah menjadi dosen di Jurusan Komunikasi Universitas Indonesia, serta aktif memberikan ceramah tentang media, politik, sosial budaya, serta manajemen setelah aktif berkecimpung di dunia pers.

Atas berbagai dedikasinya di dunia jurnalistik, Jakob mendapat berbagai penghargaan baik dari lingkup nasional maupun internasional. Beberapa di antaranya adalah Bintang Mahaputera Utama dari Pemerintah RI Tahun 1973, Anugerah Doktor Honoris Causa dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tahun 2003, World Entrepreneur of The Year Academy 2006 dari Ernst & Young, Monako, Medali Emas Spirit Jurnalisme dari Komunitas Hari Pers Nasional tahun 2011, Lifetime Achievement Award dari Serikat Perusahaan Pers tahun 2017, dan sejumlah penghargaan lainnya. Ia bahkan dipercaya menjadi penasihat konfederasi wartawan ASEAN.

Apresiasi tertinggi KPI untuk Jakob Oetama disambut gembira CEO Kompas Gramedia Lilik Oetama. Ia menyampaikan terima kasih kepada KPI karena telah mempercayakan penghargaan yang baik ini kepada Jakob Oetama.

“Kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Komisi Penyiaran Indonesia Pusat atas penghargaan Lifetime Achievement yang diberikan kepada Bapak Jakob Oetama. Penghargaan ini juga merupakan penghargaan bagi seluruh media KG. Mengingat pesan Bapak Jakob, ini merupakan bagian dari usaha kami untuk ikut serta membangun sebuah Indonesia dalam lingkup kecil yang merupakan bagian dari cita-cita besar Indonesia dan didasarkan atas kesamaan kemanusiaan Indonesia,” ujar Lilik Oetama.

Anugerah KPI Lifetime Achievement Award 2021 bagi Jakob Oetama diterimakan oleh Redaktur Senior Harian Kompas sekaligus Direktur Utama KompasTV Rikard Bagun pada Malam Anugerah KPI 2021 (17/12/2021) sebagai perwakilan.

“Atas nama keluarga Bapak Jakob Oetama dan tentu saja keluarga besar, pimpinan, serta karyawan KG, saya sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada KPI. Kami terus terang kehilangan kata-kata karena benar-benar merasa tersanjung. Setiap kali Pak Jakob mendapat penghargaan, teman-teman karyawan dan pimpinan merasakan kegembiraan yang berlipat-lipat karena Pak Jakob adalah sosok yang menyatukan kami dari berbagai latar belakang suku, agama, dan kepercayaan; semua ada di KG dari Sabang sampai Merauke. Pak Jakob bagi kami, dan mudah-mudahan bagi kita semua, adalah tokoh inspiratif yang hampir di setiap diskusi jarang sekali berbicara tentang KG, tetapi mengajak kami semua untuk berpikir dan berbuat sesuatu bersama-sama berkontribusi untuk Indonesia yang lebih baik. Kami berterima kasih kepada KPI yang telah memberikan dorongan dan energi baru kepada kami untuk bersama-sama make Indonesia great again,” papar Rikard Bagun.

Selain Lifetime Achievement Award untuk Bapak Jakob Oetama, KG semakin berbangga karena salah satu media KG, yaitu KompasTV, juga mendapat Anugerah KPI 2021 untuk program Sapa Indonesia (Penghargaan Kategori Program Peduli Disabilitas) dan program Kalam Hati (Penghargaan Kategori Talkshow Non-Berita). Seluruh penghargaan ini menjadi bukti bahwa nilai-nilai yang diajarkan Perintis KG tidak hanya menginspirasi karyawan KG tetapi juga masyarakat Indonesia pada umumnya. [bud]

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *