Demo di Berbagai Kabupaten/Kota, Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja

Sumber: Foto SmartFM Surabaya · Demo Gerakan Tolak Omnibus Law (GETOL) di Surabaya · Published 06 Oktober 2020

SURABAYA, SMARTFMSURABAYA.com – Ramai demo tolak Undang-Undang (UU) Cipta Kerja (Ciptaker) usai disahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Senin 5 Oktober 2020 terjadi di berbagai daerah di Jawa Timur. Buruh Jatim kumpul di Surabaya 8 Oktober, demo tolak Ciptaker berasal dari sejumlah elemen dan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Tolak Omnibus Law (GETOL) Jawa Timur, menggelar aksi penolakan Rancangan Undang-Undang (RUU) Ciptaker selama tiga hari berturut-turut.

Juru bicara Getol, Habibus Shalihin mengatakan pihaknya sudah melakukan konsolidasi dengan serikat buruh di Kabupaten/Kota Jatim. Mereka menyepakati melakukan aksi penolakan mulai 6-8 Oktober 2020. Pada tanggal 6-7 Oktober 2020 aksi akan digelar para buruh di kabupaten kota masing-masing, sedangkan pada 8 Oktober 2020, aksi dipusatkan di Surabaya.

Kepala Bidang Buruh dan Miskin Kota Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya menjelaskan aksi ini dilakukan sebab ada sejumlah poin dalam RUU Ciptaker tersebut yang merugikan para pekerja. “Ada beberapa problem terkait pesangon dan upah bukan KHL (Karyawan Harian Lepas) tapi berdasarkan inflasi kemudian ada juga soal penghapusan upah minimum sektoral”, Senin, (05/10/2020).

Selain elemen buruh aksi ini juga melibatkan semua pihak yang berpotensi terdampak Omnibus Law yakni petani, masyarakat adat dan kelompok masyarakat sipil lainnya. Kepada SmartFM Surabaya , AKBP Teddy Candra, Kasatlantas Polrestabes Surabaya mengkonfirmasi akan ada demo dan dengan jumlah masa yang lebih besar di tanggal 8 Oktober 2020. “Besok akan ada aksi sama dengan jumlah besar”, katanya, Rabu, (07/10/2020). [lin]

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *