Dispendik Surabaya Luncurkan Aplikasi Android Untuk PPDB

SURABAYA, SMARTFMSURABAYA.com – Dinas Pendidikan Surabaya luncurkan aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis Android untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) guna memudahkan PPDB di jenjang siswa yang akan masuk SD dan siswa yang akan masuk SMP Negeri tahun ajaran 2020/2021. Kepada SMARTFM Kepala Bidang Sekolah Menengah Dinas Pendidikan Kota Surabaya Sudarminto mengatakan dalam peraturan Wali Kota Surabaya No. 21 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jenjang SD dan SMP dalam masa darurat pandemi corona seluruh tahapan yang digunakan menggunakan aplikasi dan semuanya berbasis online.

“PPDB yang pada saat di tengah-tengah masa pandemi covid 2019 makannya seluruh tahapan yang kita gunakan menggunakan aplikasi dan semuanya berbasis online baik itu jalur yang Afirmasi, jalur Zonasi, jalur perpindahan tugas maupun jalur Prestasi. Empat jalur itu kemudian juga validasi awal dari validasi data itu juga kemudian kita bisa menggunakan online juga berbasis android tadi,” Rabu (3/6/2020) ungkapnya.

Adapun untuk jalur PPDB yang pertama yaitu jalur afirmasi dan inklusi dimana afirmasi zonasi yang diperuntukkan untuk anak yang tidak mampu dan jalur inklusi yaitu untuk anak berkebutuhan khusus yang kedua PPDB jalur perpindahan tugas orang tua yang diperuntukkan bagi orang tua siswa yang pindah tugas ke Surabaya bisa di fasilitasi melalui jalur tersebut seperti ASN, TNI/POLRI atau BUMN dan yang ketiga yaitu PPDB jalur prestasi yang dibagi dua yaitu prestasi rapor dan prestasi perlombaan. Aplikasi terbaru berbasis android tersebut dapat di unduh di play store PPDB Kota Surabaya tahun 2020 dan sudah terdapat fitur-fitur didalamnya dimana dibuat agar mudah dipahami, dimengerti  dan digunakan sehingga tak ada kesulitan saat para orang tua maupun calon peserta didik mengaksesnya. Adapun tahap pertama pada aplikasi android tersebut yaitu tahap validasi yaitu mencocokkan data pribadi anak, alamat tempat tinggal, maupun rapor di anggal 26 Mei sampai 6 Juni .

Sudarminto berharap semua peserta atau orang tua mencoba. Setelah itu jika data sudah valid siswa akan mendapatkan pin lalu siswa dapat melakukan uji coba pendaftaran sesuai dari jalur yang dipilih para siswa sebelum tanggal pendaftaran dimulai yaitu hanya sampai tanggal 14 Juni.

“Yang sudah menerima pin itu pasti valid karena sudah melalui verifikasi, nah tetapi perlu diketahui juga bagi anak-anak yang sudah verifikasi itu dipastikan tanggal 6 Juni itu kan pasti sudah memperoleh pin, walaupun sekerang sudah banyak sebenarnya, tapi kalau ada satu dua yang belum mendapatakan masih kita tunggu sampai 6 Juni. Lah, setelah tanggal 6 Juni saya himbau dan saya harapkan seluruh peserta didik mencoba, agar supaya apa, agar waktu pendaftaran yang sebenarnya tanggal 15 Juni keatas itu sudah tidak ada persoalan karena sudah melakukan latihan berkali-kali,” Rabu (3/6/2020) katanya.

Selain itu untuk layanan lain yang berbasis online tetap bisa digunakan dimana  untuk mengetahui informasi lebih lebih rinci terkait syarat ketentuan alur pendaftaran, pengumuman penerimaan PPDB hingga daftar ulang dapat diakses di laman PPDB berbasis website, untuk jenjang SD di laman https://ppdbsd.surabaya.go.id dan untuk PPDB jenjang SMP dapat diakses melalui laman https://ppdb.surabaya.go.id. [lin]

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *