Hasil Sidang Pleno KPU Surabaya Untuk Pasangan Calon Pilwali Kota Surabaya

SURABAYA, SMARTFMSURABAYA.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Nur Syamsi dihadapan undangan yang dihadiri oleh awak media dalam “Media Briefing Pengundian & Pengumuman Nomor Urut Pasangan Calon Wali Kota & Wakil Wali Kota Surabaya Tahun 2020” di Kantor KPU Kota Surabaya, Rabu (23/09/2020) mengatakan berdasarkan hasil verifikasi administrasi yang dilakukan terhadap dua bakal pasangan calon (Bapaslon) yang telah mendaftarkan diri pada 4 dan 6 September lalu, dinyatakan sudah memenuhi syarat.

Menurut Syamsi hal tersebut telah sesuai peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2020 pasal 68 yang menyebutkan bahwa KPU Kab/Kota melakukan rapat pleno berdasarkan penelitian syarat pencalonan dan syarat calon yang telah dilakukan verifikasi administrasi. Rapat pleno penetapan dilakukan secara tertutup tersebut, telah sesuai dengan peraturan KPU atau PKPU nomor 9 Tahun 2020 Tentang Pencalonan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

“Pada hari ini, 23 September 2020 berdasarkan peraturan dan keputusan KPU tentang tahapan program dan jadwal adalah tahapan penetapan pasangan calon (Paslon). Maka rapat pleno kami lakukan tanggal 23 September yang kemudian kami keluarkan dalam keputusan KPU kota Surabaya”, jelasnya Rabu (23/09/2020).

Menurut hasil pemeriksaan kesehatan dari rumah sakit yang ditunjuk terhadap ke dua paslon sebelumnya, dinyatakan memenuhi syarat. Adapun penelitian administrasi tersebut yakni adalah surat keterangan dari Rumah Skait (RS) yang ditunjuk yang menyatakan bahwa paslon mampu secara jasmani dan rohani dan bebas dari narkoba. Paslon Eri Cahyadi-Armuji sebagai paslon peserta pemilihan dan Machfud Arifin-Mujiaman sebagai pasangan calon.

Keduanya adalah paslon pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Tahun 2020. Dirinya menegaskan, keputusan tersebut dituangkan dalam keputusan KPU Kota Surabaya Nomor 844 dan dengan keputusan penetapan tersebut para paslon memiliki hak untuk melakukan kampanye sesuai dengan peraturan dan perundangan. Selain itu, para paslon paling lambat satu hari setelah pengumuman harus sudah menyampaikan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) serta Rekening Khusus Dana Kampanye.

“Berdasarkan rapat pleno (tertutup) yang kami laksanakan, kedua bakal pasangan calon, telah kami tetapkan sebagai pasangan calon,” ungkapnya dihadapan undangan yang dihadiri oleh awak media, Rabu (23/09/2020). [lin]

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *