Demo Tolak Ombibus Law dan Minta Kenaikan UMP Jatim 2021 Beraksi di Surabaya

Sumber Foto SmartFM Surabaya · Demo Gerakan Tolak Omnibus Law (GETOL) di Surabaya (20/10/2020)

SURABAYA, SMARTFMSURABAYA.com – Ribuan buruh akan menyuarakan aspirasinya kembali di Kota Surabaya hari ini , Selasa (27/10/2020) . Peserta aksi demo hari ini berasal dari 16 serikat pekerja se Jawa Timur, elemen GETOL, organisasi masyarakat dan elemen mahasiswa. Aksi hari ini rencananya akan melibatkan sekitar 15.000 orang yang akan menyuarakan aksi penolakan Omnibus Law dan menuntut kenaikan Upah Minimum Provinsi (UPM) Jawa Timur (Jatim).

“Aksi demonstrasi kali ini dipusatkan di Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan Surabaya. Massa aksi diperkirakan mencapai 15.000 orang dari berbagai daerah kawasan industri di Jatim”, ungkap Juru Bicara Serikat Pekerja, Jazuli, Senin (26/10/2020).

Aksi tersebut, kata Jazuli, merupakan kelanjutan dari demonstrasi 8 Oktober 2020 dan rasa ketidakpuasan buruh saat pertemuan dengan Menko Polhukam Mahfud MD di Jakarta, pada 14 Oktober 2020. 

Terdapat 5 titik kumpul aksi buruh hari ini yakni sisi barat frontage road jalan A.Yani, Bundaran Waru, SIER, Cito mall dan Kebun Binatang Surabaya (KBS). Aksi belasan ribu masa buruh ini dimulai pukul 2 siang dan saat ini, terpantau gelombang buruh menuju kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahawan, Kota Surabaya.

AKP Tirto Kanit Dikyasa Polrestabes Surabaya mengatakan agar warga Kota Surabaya dan para pengendara mewaspadai gelombang aksi demo yang akan dilaksanakan hari ini. “Petugas sudah di sebar ke beberapa titik. Pengalihan situasional, melihat situasi terkini dan diharapkan pengendara diharapkan memperhatikan dan melihat jam-jam rawan aksi,” kata Tirto, Selasa (27/10/2020).

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, Dr. Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si. Menteri Ketenagakerjaan menegaskan UMP 2021 tidak naik. Keputusan ini mempertimbangakan kondisi Ekonomi selama masa Pandemi.

Pemerintah juga mempertimbangkan kemampuan perusahaan memenuhi hak pekerja dalam membayar upah. Keputusan ini dituangkan dalam penerbitan beleid yang telah di tanda tangan pada tanggal 26 Oktober 2020. Serta memberi perlindungan pekerja dan menjaga keberlangsungan usaha. Upah minimum 2021 akan ditetapkan dan akan di umumkan seluruh Pemerintah Daerah pada tanggal 31 Oktober 2020. [lin]

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *