Ibadah Haji 2020 Batal Berangkat Karena Pandemi Covid-19

SURABAYA, SMARTFMSURABAYA.com – Ditegaskan oleh Menteri Agama Fachrul Razi melalui teleconference dengan awak media di Jakarta, Selasa (2/6/2020) telah memastikan bahwa keberangkatan Jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji 1441H(2020) dibatalkan. Kebijakan ini diambil karena Pemerintah harus mengutamakan keselamatan jemaah di tengah pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang belum usai. Pemerintah Republik Indonesia memutuskan untuk tidak memberangkatkan haji tahun 2020 ini.

“Pihak Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jemaah haji dari negara mana pun. Akibatnya, pemerintah tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan, utamanya dalam pelayanan dan perlindungan jemaah,” kata Menteri Agama Fachrul Razi dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (2/6/2020).

Berdasarkan keputusan Kementerian Agama Republik Indonesia, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Ahmad Zayadi menjelaskan terkait dengan jemaah haji yang telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BIPIH) tahun 2020 M, Kakanwil menjelaskan akan menjadi jemaah haji tahun 2021 M/1442 H.

“Setoran BIPIH yang sudah lunas akan disimpan dan dikelola secara terpisah oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Dan, nilai manfaat yang didapatkan, akan diberikan penuh oleh BPKH kepada jemaah,” Selasa (2/6/2020) terangnya. [lin]

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *