Ini Jumlah Persediaan Kekayaan Alam Indonesia?

Menteri ESDM Arifin Tasrif doc. kompas

SMARTFMSURABAYA. Indonesia dinilai akan menjadi daya tarik investasi di sektor pertambangan. Mengingat jumlah cadangan dan produksi beberapa komoditas mineral Indonesia masuk 10 besar dunia, salah satunya adalah nikel.

Menurut United States Geological Survey (USGS), cadangan nikel dalam negeri adalah nomor satu dunia. Di mana terdapat 23 persen cadangan nikel dunia ada di perut bumi Indonesia.

“Untuk produksi nikel juga Indonesia nomor satu. Kemudian ada bauksit yang menempati nomor enam pada jumlah cadangan dan produksi dunia,” kata Menteri ESDM Arifin Tasrif pada Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi 2021, ditulis Kamis (25/11/2021).

Selain itu, cadangan tembaga Indonesia menempati posisi tujuh dan produksinya ada di posisi 12 dunia. Komoditi emas berada di posisi lima pada potensi dan enam pada produksi. Produksi timah Indonesia mencapai 17 persen dari cadangan dunia atau berada pada posisi kedua, begitu pula dengan produksinya.

Pembangunan Smelter
berapa jumlah persediaan kekayaan alam indonesia?
Di samping komoditas-komoditas tersebut, Menteri Arifin juga mengungkapkan masih ada Logam Tanah Jarang dan Lithium yang potensinya sangat besar, namun belum dapat diproduksi karena Indonesia belum memiliki teknologi untuk memisahkan dan memurnikan.

Menteri Arifin mengatakan, saat ini ada 19 unit smelter eksisting, 13 di antaranya adalah smelter nikel. Adapun telah direncanakan pembangunan 17 smelter lainnya, sehingga total smelter nikel nantinya menjadi 30 unit, dengan nilai investasi USD8 miliar. Direncanakan pada 2023 ada 53 smelter yang beroperasi.

“Demikian juga dengan komoditas lainnya, antara lain bauksit, besi, tembaga, mangan, timbal, dan seng. Nanti diperkirakan akan menarik investasi sebesar USD21.28 miliar,” jelas dia.

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *