Kasus pertama varian Omicron terdeteksi di Arab Saudi, Bagaimana Nasib Umrah Jemaah Indonesia?

HAJI. REUTERS

SMARTFMSURABAYA.COM – Kasus pertama varian Omicron terdeteksi di Arab Saudi. Padahal, Saudi baru sama membuka pintu masuk untuk warga dari berbagai negara melaksanakan ibadah Umrah.

Kementerian Agama belum mendapatkan informasi lebih lanjut pascavarian Omicron ditemukan di Saudi.

“Iya(menunggu keputusan Arab Saudi). Hingga saat ini belum ada kabar baru seperti apa nanti di Saudi,” kata Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief, kepada Kamis (2/12/2021).

Seperti diketahui, pada 1 Desember 2021 pemerintah Arab Saudi telah membuka pintu umrah untuk Indonesia. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, Arab Saudi telah mencabut larangan penerbangan dari enam negara, salah satunya Indonesia terhitung mulai besok (1/12/2021).

“Sebagaimana kita tahu telah mengumumkan pada hari Kamis 25 November 2021 bahwa terhitung 1 Desember 2021 atau besok pagi memberikan izin penerbangan langsung kepada enam negara yaitu Indonesia Pakistan, Vietnam, Brazil, Mesir dan India,” ujar Yaqut dalam rapat kerja Komisi VIII DPR RI, Selasa (30/11/2021).

Dengan dicabutnya larangan penerbangan itu, artinya Indonesia sudah bisa mengirim jamaah umroh ke Arab Saudi.Tetapi hal tersebut muncul bertepatan dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi pada menyampaikan, satu kasus Covid-19 varian Omicron terdeteksi di negara kerajaan tersebut pada seorang warga yang datang dari negara Afrika Utara. Kasus pertama ini dilaporkan Biro Pers Saudi (SPA).

Warga yang terinfeksi ini dan kontaknya telah diisolasi, dan prosedur kesehatan telah dilaksanakan. Penyelidikan epidemiologi juga telah dilaksanakan.

Kementerian Kesehatan menekankan perlunya semua anggota masyarakat untuk mendapatkan dosis vaksin Covid penuh atau lengkap dan mengikuti seluruh tindakan pencegahan dan protokol kesehatan.

“Juga pentingnya bagi mereka yang baru saja melakukan perjalanan untuk mengikuti instruksi berkaitan dengan karantina dan pengujian laboratorium demi keselamatan mereka dan keselamatan semua,” lapor SPA, dilansir Al Arabiya, Rabu (1/12/2021).

Arab Saudi pada Minggu menghentikan penerbangan dari dan ke Malawi, Zambia, Madagaskar, Angola, Seychelles, Mauritius, dan Komoros karena wabah Covid varian Omicron.

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *