Memori Kolektif, Memperingati Hari Pahlawan Nasional 2020

Sumber Foto SmartFM Surabaya · Radio Talk SMART HISTORIA “Memperingati Hari Pahlawan Nasional 2020”

SURABAYA, SMARTFMSURABAYA.com – Hari Pahlawan Nasional 2020 di tanggal 10 November kali ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya karena masih dalam masa pandemi Covid-19. SmartFM mencoba memberikan insight baru dalam Program Radio Talk SMART HISTORIA menyajikan memori kolektif tentang tempat-tempat sejarah di Kota Surabaya beserta cerita didalamnya, kemudian sejarah yang dibungkus apik dalam sebuah karya film dan tentang pertempuran 10 November 1945. Berkolaborasi dengan Ady Setyawan, ST seorang peneliti Sejarah Indonesia, pendiri Roodebrug Soerabaia dan penulis buku “Kronik Pertempuran Surabaya” beserta Arifin Zainal, Co-Director Film Pendek yang mengambil tema tentang Sejarah yang berjudul “Perjumpaan”. Film ini dibuat oleh sebuah perkumpulan pemuda pemudi pecinta karya film yakni Lintas Sinema Surabaya.

Program SMART HISTORIA memberikan energi, untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa dan kita semua untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta membantu sesama yang membutuhkan dan tentunya sesuai kemampuan & profesi masing-masing.

Ady menjelaskan Kota Surabaya ditetapkan sebagai kota pahlawan di tanggal 10 November di latar belakangi dari pertempuran besar. Pertempuran melawan sekutu Inggris di Surabaya yang dibagi menjadi 2 fase yakni pertempuran dengan sekitar 4.000 pasukan sekutu di tanggal 28 Oktober 1945 hingga tanggal 30 Oktober 1945 dengan terbunuhnya Jenderal Aubertin Walter Sothern Mallaby (AWS Mallaby).

Sedangkan di fase ke-2 sekutu mengancam dengan menyebarkan pamflet yang bertuliskan “Semua orang Surabaya yang membawa senjata harus menyerah, mengangkat tangan dan menaruh senjatanya” dan di tanggal 9 -10 November pertempuran besar untuk mempertahankan harga diri dan kemerdekaan Indonesia dengan pasukan sekutu kurang lebih 30.000 menyeruak di Kota Surabaya.

“Karena pertempuran Surabaya adalah sebuah pertempuran mempertahankan kemerdekaan dengan skala yang paling besar. Inggris menyerbu kita dengan kekuatan 3 matra yaitu darat, laut, udara dengan jumlah pasukan lebih kurang 30.000 personil menyerbu Surabaya. Perang itu berjalan 3 minggu lamanya. Saya berusaha mengumpulkan kliping surat kabar tentang pertempuran skala besar saat itu nah dari pertempuran itu di tetapkan sebagai Hari Pahlawan”, jelasnya.

Sumber Foto SmartFM Surabaya · Radio Talk SMART HISTORIA “Memperingati Hari Pahlawan Nasional 2020”

Arifin dari Lintas Sinema mengungkapkan tentang film Perjumpaan dilatar belakangi dari sejarah bangsa yang selalu menarik untuk dijadikan bahan diskusi .

“Menggambarkan sejarah, tapi jangan sampe bagian dari cerita sejarahnya jangan asa-asal an juga. Kita riset ngobrol dengan mas Ady dan Maz Adrian Juga. Dari Film ini kami ingin mencoba merefleksikan rasa cinta kepada bangsa, sejarah dan perjuangan terdahulu. Kami temen-temen yang hobby dan bekerja di bidang ini, ingin merelate dulu arek-arek suroboyo kalau mau berjuang harus sama-sama. Satu orang prajurit hebat belum tentu bisa, tetapi ketika semuanya itu bergabung saling bekerja sama mau rakyat biasa, tukang becak, tukang sayur mau apapun dalam film itu kan di ceritakan. Kita yang antar lintas ini ingin bekerja sama membuat sebuah karya dan setidaknya karya itu nanti ada paling tidak kita ingin berusaha membuat ekosistemnya dulu.

Harapan dan pesan yang di ungkapkan oleh Ady sebagai seorang peneliti Sejarah Indonesia, pendiri Roodebrug Soerabaia dan penulis buku “Kronik Pertempuran Surabaya” diharapkan masyarakat dapat membuat memori kolektif untuk dapat dikenang dengan menulis cerita dari sebuah foto yang di upload melalui media sosial agar orang lebih mengetahui lagi cerita tentang tempat bersejarah dan dapat menjadi sesuatu yang berkesinambungan.

“Mari kita sama-sama menjaga ruh Surabaya sebagai Kota Pahlawan ini makin menguat atau semakin memudar. Kalau semakin memudar ayok kita sama-sama mengambil peran kita bisa ngelakuin apa. Misal kita ke benteng kedung cowek lalu kita berfoto dan upload di instagram dan bercerita” kata Ady.

Dalam kesempatan yang sama harapan yang disampaikan Arifin mengharapkan di hari pahlawan nasional 2020 sekarang ini, diharapkan dapat menjadi pahlawan untuk diri kita sendiri. Dirinya juga mengungkapkan ingin membuat sebuah gerakan yang bersama-sama dan merasakan manfaatnya juga untuk bersama-sama juga. [lin]

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *