Mengenal ‘Kampung Wani Jogo Suroboyo’, Cegah Covid-19

by SmartFM Surabaya · Published 26 May 2020 · Updated 26 May 2020

SURABAYA, SMARTFMSURABAYA.com – Kampung Wani Jogo Suroboyo yang digagas oleh Pemerintah Kota Surabaya siap untuk membantu mengurangi penyebaran virus corona di Surabaya. Langkah dan upaya Pemkot Surabaya dengan membuat civil society mempunyai tujuan untuk memotivasi masyarakat dari tingkat RW maupun tingkat kampung untuk dapat berdisiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Irvan Widyanto mengatakan pembentukan ‘Kampung Wani Jogo Suroboyo’ ini dimulai hari ini dengan mengumpulkan seluruh camat dan kepala puskesmas se-Surabaya. Dalam rapat tersebut, disosialisasikan tentang organisasi Satgas ini beserta tugas-tugasnya, Senin (25/05/2020).

“Kemudian kita harapkan besok SK (Surat Keputusan) sudah dibuat oleh para camat, lalu disosialisasikan secara massif. Di sini, camat harus mampu memotivasi Satgas tersebut supaya betul-betul bergerak sesuai dengan tugasnya masing-masing,” kata Irvan ditemui seusai rapat dengan para Camat dan Kepala Puskesmas, Senin (25/05/2020).

Gerakan terbaru di PSBB Surabaya raya yang meliputi Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten di tahap ketiga ini akan fokus pada kampung-kampung melalui Satgas yaitu Wani Jogo adalah pembatasan dan pencatatan orang dan kendaraan yang keluar-masuk (one gate system). Setelah itu membuat jadwal jaga kampung, dan memantau serta memastikan warga yang isolasi mandiri untuk tidak keluar lingkungan rumah kecuali untuk keperluan fasilitas kesehatan, menjaga dan memastikan semua warga terutama lansia, difabel, dan anak-anak terlindung dari resiko penularan, memastikan kegiatan sosial dan keamanan dilakukan secara gotong-royong, memastikan penerapan protokol kesehatan (physical distancing, pakai masker, cuci tangan pakai sabun), dan melaksanakan penyemprotan disinfektan.

“Kita hari ini sudah kita sosialisasikan kepada seluruh camat, kepala puskesmas, kapolsek dan danramel yang dipimpin oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Linmas Pak Irvan, untuk pembentukan gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 tingkat RW yang bersama-sama dengan forkopimda kita sebut Kampung Wani Jogo Suroboyo”, ungkap Irvan, Senin (25/05/2020).

Kemudian tugas Satgas Wani Ngandani adalah memberikan informasi dan edukasi kepada warga terkait pencegahan dan penanganan Covid-19, melakukan komunikasi dengan berbagai pihak terkait Covid-19, dan melaporkan perkembangan penanganan ODP, PDP, OTG, dan terkonfirmasi rawat jalan melalui aplikasi lawancovid-19.surabaya.go.id. [lin]

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *