Pendaftaran Online Shalat Idul Adha di Masjid Al-Akbar Surabaya di Tengah Pandemi Covid-19

SURABAYA, SMARTFMSURABAYA.com –  Pendaftaran online salat Idul Adha 1441 Hijriyah di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Kepada SMARTFM Humas Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Helmy M Noor memaparkan pelaksanaan sholat Idul Adha di Masjid Al Akbar hanya menyiapkan 5000 jamaah dari kapasitas 40000 jamaah dan per 24 Juli 2020 adalah tahap pengambilan ID Card tahap pertama bagi jamaah yang sudah mendaftar sejak seminggu lalu dengan total sekitar 2300 jamaah.

“Bahwa Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya hanya menyiapkan untuk 5000 jamaah dari kapasitas 40000 seperti biasanya. Kemudia 5000 jamaah itu gimana caranya bisa mendaftar kemudian setelah itu mendapatkan ID card dan ID card itulah yang kemudian dipakai agar mereka bisa shalat di Al-Akbar”, ungkap Helmy, Kamis (24/07/2020).

Pendaftar kartu identitas cukup melampirkan nama dan Fotokopi KTP melalui laman Masjid Al Akbar dan untuk daring bisa dilihat melalui masjidalakbar.co.id pada bagian pendaftaran sholat Idhul Adha lalu tahap selanjutnya yaitu verifikasi melalui laman resmi, setelah itu para jamaah akan mendapatkan nomor kuota yang tercantum pada kartu identitas. Penerapan sistem ID Card tersebut bertujuan agar pihak Masjid Al-Akbar tetap bisa menerapkan physical distancing antar jamaah sementara itu untuk gelombang kedua akan dilaksanakan tanggal 29 Juli 2020. Terkait hewan kurban helmy mengatakan total untuk sapi sekitar 15 dan kambing  total sekitar 20. Pemotongan hewan kurban akan dilaksanakan tanggal 1 Agustus 2020 dimulai pukul 6 pagi dan akan dibagikan pukul 1 siang dengan tim sekitar 100 orang dengan tetap menerapkan phisical distancing dan dengan protokol kesehatan seperti menyediakan tempat cuci tangan, menyediakan hand sanitizer dan para petugas menggunakan APD (Alat Pelindung Diri).

“Sampai hari ini yang sudah masuk kurban sapi Presiden Jokowi sudah masuk kira-kira dua hari yang lalu sekretariat kepresidenan sudah ke Al-Akbar, kemudian serah terima berkas hewan kurban ya. Kalau hewan kurban nya sendiri baru akan dikirim H-2 menjelang Idul Adha, kemudia sapi bu Gubernur juga kurban di Al-Akbar ya. Sampai hari ini sapi yang masuk di Al-Akbar total sekitar 15 an kemudian kambing nya hampir sama 15 – 20an karena tren nya orang kurban biasanya kan semakin mepet semakin banyak. Penutupan hari Kamis 30 Juli tapi pemotongan hewan kurban baru berlangsung pada tanggal 1 Agustus jadi H+1 hanya satu hari saja “, kata Helmy, Kamis (24/07/2020).

Helmy juga menghimbau bagi para jemaah yang ingin shalat di Masjid Al-Akbar untuk segera mendaftar dan bagi anak-anak dan usia lanjut disarankan untuk tidak ikut shalat. Dirinya menegaskan, jika kuota sudah terpenuhi maka pendaftaran akan ditutup. Bagi yang sudah mendapat ID card diharapkan dapat menjaga fisiknya kemudian dapat membaca protokol kesehatan yang ada dibalik ID card untuk dapat diterapkan saat shalat Idul Adha dan sampai selesei shalat Idul Adha. [lin]

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *