Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Berhenti Kerja

resign. shutterstock

SMARTFMSURABAYA.COM – Pandemi covid-19 telah memberi dampak besar ke hampir semua perusahaan di dunia. Selama 19 bulan munculnya pandemi, banyak pekerja yang merasa jenuh dan kelelahan karena harus bekerja di rumah. Rencana untuk berhenti kerja atau pindah perusahaan mungkin kerap saja terjadi.

Beberapa karyawan ada yang percaya kalau mencari pekerjaan baru dengan gaji lebih baik di perusahaan akan menentukan di kondisi seperti ini. Bagaimanapun, rencana untuk mengambil cuti beberapa saat bisa saja perlu dilakukan untuk mengambil istirahat sejenak.

“Untuk sebagian orang, meninggalkan pekerjaan berkaitan dengan rencana meninggalkan pekerjaan akibat terlalu lelah, jenuh, atau adanya perubahan karier yang ingin dicapai,” kata pemimpin transformasi di perusahaan Korn Ferry (perusahaan konsultan global) Elise Freedman, dilansir KOMPAS.

Permasalahan terkait masalah mental juga menjadi perhatian penting bagi setiap perusahaan. Istirahat atau mengambil rehat sejenak bisa baik untuk mental Anda. Waktu yang ada bisa dipakai untuk berpikir dan merencanakan kembali tujuan karier yang ingin dicapai.

Namun, sebelum akhirnya memutuskan untuk berhenti bekerja dan pindah ke tempat lain, ada empat hal penting yang harus Anda perhatikan dan persiapkan terlebih dahulu. Simak penjelasan dari ahli keuangan berikut ini.

Memperhatikan arus keuangan menjadi hal pertama yang harus dilakukan. Cobalah untuk menuliskan kebutuhan dalam rumah tangga di luar upah dan total tabungan yang dimiliki. Kemudian, jika memiliki pasangan, apakah Anda memiliki pekerjaan sampingan untuk menutupi jeda waktu selama berhenti bekerja?

Setelah itu, hitung pengeluaran yang diperlukan seperti perumahan, biaya makan, membayar utang, dan sebagainya. Bandingkanlah semuanya dengan tabungan yang ada di saldo Anda dan jumlah pendapatan yang akan ditanggung.

Biaya kebutuhan yang dimiliki setiap orang berbeda-beda, tergantung dari jumlah anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah. Tentunya, semakin banyak anggota keluarga, pengeluaran yang dikeluarkan pasti juga akan banyak.

Tidak lupa juga untuk menambahkan kebutuhan lain seperti pergi berlibur, makan di luar atau restoran, atau jalan-jalan bersama anak. Perhitungan serupa akan membantu Anda untuk mengetahui jumlah biaya yang masih kurang.

Jika masih ada biaya yang kurang, buat lagi rencana untuk cara mendapatkan kelebihannya. Anda mungkin perlu menunggu beberapa bulan lagi untuk berhenti agar biaya yang dibayarkan tidak menunggak (berutang).

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *