Perwali Tatanan New Normal Rumah Ibadah Di Kota Surabaya

SURABAYA, SMARTFMSURABAYA.com – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini telah menerbitkan Perwali nomor 28 tahun 2020 tentang Pedoman Tatanan Normal Baru Pada Kondisi Pandemi Covid-19 tentang Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah, Kamis (11/06/2020). Berdasarkan Perwali tersebut beberapa rumah ibadah di Surabaya sudah diperbolehkan menggelar ibadah secara berjamaah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Berikut uraian Perwali tentang protokol kesehatan kegiatan keagamaan di rumah ibadah :

Source: smartfmsurabaya · Published 19 June 2020 · Updated 19 June 2020

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya, Irvan Widyanto mengatakan kalau Walikota Surabaya memperbolehkan untuk beribadah dengan syarat kalau wilayah tempat ibadah tersebut tidak masuk dalam data zona merah yang terdapat dalam pantauan wilayah per kecamatan atau per kelurahan.

“Kami ingin pastikan bahwa wilayah tempat ibadah itu tidak masuk zona merah dalam lingkup kelurahan dan kecamatan. nanti kami datangi tempat ibadah itu,” kata Irvan, Rabu (12/06/2020).

Sebagian besar masjid di Kota Surabaya sudah diperbolehkan menggelar Salat Jumat dan Salat Jamaah dengan mematuhi protokol kesehatan meski begitu Irvan memastikan bahwa ada beberapa tempat ibadah, baik masjid maupun gereja yang belum diperbolehkan menggelar ibadah. Irvan mengungkapkan masjid maupun gereja yang belum dijinkan melaksanakan ibadah sudah di beri surat pemberitahuan atau data kepada pengelola atau pengurusnya untuk tidak melaksanakan kegiatan ibadah di tempat itu dikarenakan terdapat orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di lingkungan rumah ibadah tersebut.

Source: smartfmsurabaya · Published 19 June 2020 · Updated 19 June 2020

Dalam perwali mengenai tempat ibadah juga disebutkan harus mengatur jarak dan tidak melebihi separuh kapasitas, kemudian juga tidak menggunakan AC maupun karpet, menyiapkan sabun cuci tangan, lalu pengurus tempat ibadah juga harus menyiapkan petugas-petugas atau relawan guna menjaga di pintu masuk area tempat ibadah yakni tugasnya adalah melakukan screening atau pengecekan suhu tubuh masyarakat yang akan melakukan ibadah dan pengurus nantinya harus melakukan sosialisasi kepada jamaahnya bila ada yang merasa sakit seperti batuk, sesak, maupun flu agar diimbau untuk tidak dulu beraktifitas di rumah ibadah. [lin]

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *