PLN Memproyeksikan Konsumsi Listrik Hingga Akhir Tahun ini Menembus 252,51 TWh

Doc. Foto PLN Tribun Jatim

SMARTFM SURABAYA. Aktivitas masyarakat di berbagai sektor menunjukkan sinyal pertumbuhan ekonomi yang baik. Pada triwulan kedua 2021, Pemerintah menyatakan pertumbuhan ekonomi tumbuh 7 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.
PT. PLN (Persero) mencatat adanya pertumbuhan konsumsi listrik, seiring mulai menggeliatnya ekonomi di tengah pandemi Covid-19.
Per September 2021 year on year konsumsi listrik naik mencapai 4,42 persen menjadi 187,78 terawatthour (TWh).
Adanya kenaikan tersebut, PLN memproyeksikan konsumsi listrik hingga akhir tahun ini menembus 252,51 TWh, atau 4,71 persen dibanding tahun lalu.

Untuk memastikan keandalan dan tercukupi pasokan listrik, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini melakukan kunjungan ke PLTU Suralaya, Banten.

PLTU Suralaya, Pembangkit Listrik dengan kapasitas 3.400 megawatt (MW) tersebut, merupakan salah satu tulang punggung kelistrikan di sistem Jawa Bali untuk menopang pertumbuhan ekonomi nasional.

“Saya ingin memastikan PLTU Suralaya bisa beroperasi dengan optimal, mengingat saat ini kondisi pemulihan ekonomi sudah terasa. Dengan kondisi tersebut, kami harus memastikan pembangkit siap apabila terjadi lonjakan konsumsi listrik,” ujar Zulkifli dalam keterangannya, Rabu (13/10/2021).

Daya mampu sistem kelistrikan Jamali, kata Zulkifli, mencapai 38.522 MW, dengan beban puncak 26.931 MW, sehingga ada cadangan daya 11.591 MW.
“Kami juga siap memasok listrik untuk mobil listrik, kompor induksi hingga memasok listrik ke para petani, peternak hingga nelayan melalui Program Electrifying Agriculture dan Electrifying Marine,” sambungnya.
Sementara itu Direktur Bisnis Regional Bagian Jawa, Madura, dan Bali PLN, Haryanto WS memastikan, seluruh pembangkit yang memasok kebutuhan listrik khususnya di Jawa, Madura dan Bali bisa beroperasi dengan optimal.

“Kami juga pastikan semua andal dan tidak ada pemadaman sedikitpun. Untuk menarik investor makin banyak agar menyerap listrik dari pembangkit yang sudah kita bangun,” ujar Haryanto.

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *