Program Imunisasi Anak Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19

SURABAYA, SMARTFMSURABAYA.com – Imunisasi dapat memberikan kekebalan tubuh pada anak di masa apandemi Covid-19. Pemerintah Kota Surabaya melaksanakan program imunisasi yang menyasar sekitar 43.688 siswa Sekolah Dasar (SD) di Surabaya. Siswa akan Jalani Imunisasi MR dan HPV guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dikalangan pelajar.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara mengatakan program imunisasi tersebut dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh siswa di masa pandemi COVID-19 Imunisasi yang dilakukan mulai 14 Oktober 2020 hingga November mendatang menyasar 43.688 anak sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) yang ada di Surabaya.

“Untuk pelaksanaanya akan di lakukan secara bertahap, akan dibagi menjadi beberapa sesi. Para petugas puskesmas di Surabaya secara serentak berkeliling di masing-masing sekolah sesuai dengan wilayahnya. Siswa akan dijadwalkan oleh gurunya. Setiap sesi ada 15 siswa yang diimunisasi. Setelah 15 siswa tersebut selesai . baru kemudian sesi berikutnya”, jelasnya, Selasa (13/10/2020).

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita di Surabaya, mengatakan imunisasi hari pertama pada Rabu (14/10/2020) berjalan lancar dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan. “Para siswa begitu disiplin saat kegiatan berlangsung”, jelasnya, Rabu (14/10/2020).

Terkait jenis imunisasi yang diberikan yakni Measles Rubella (MR) dan Human Papiloma Virus (HPV) khusus Oktober. Sedangkan untuk pelaksanaan bulan November yakni jenis Difteri Tetanus (DT) dan Tetanus Difteri (TD). Dengan adanya program pelaksanaan imunisasi tersebut.

Pelaksanaan program imunisasi menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna menjaga dan melindungi para pelajar, yang dilakukan sebelum maupun sesudah kegiatan dimulai. Diantaranya dengan penyemprotan disinfektan setiap sesi, pengukuran suhu tubuh sebelum masuk ke sekolah, cuci tangan dan menggunakan cairan pembersih tangan.

“Jadi itu kami terapkan, termasuk ketika pergantian sesi kami pastikan disemprot disinfektan. Pelaksanaan imunisasi pada Kamis ini, berada di 14 lokasi secara serentak, yakni SDN Babat Jerawat 1, SDN Bulak Banteng, SDS Darul Ilmi, MI Al-Hidayah, SDN Kaliasin 5, MI Muhyidin, SDN Morokrembangan 1, SDN Ngagel Rejo 3, SDN Krembangan Utara, SD Petemon 9, SDN Kandangan 1, SDN Sidosermo 1, SDN Sidotopo Wetan 1 merger dengan Sidotopo Wetan 2 dan SDN Tambak Wedi. Jumlah yang menerima HPV sekitar 1.424 pelajar dari kelas 5 dan 6 ya. Kalau untuk MR mencapai 1.056. Semoga seterusnya diberi kelancaran”, ungkapnya, Kamis (15/10/2020). [lin]

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *