Universitas Terbuka Menargetkan lebih dari 1000 Wisudawan Tahun 2021

Universitas Terbuka selama Pandemi Covid 19 ini telah melakukan dua kali wisuda atau Upacara Penyerahan Ijazah (UPI). Ditargetkan pada tahun 2021 mendatang  jumlah yang diwisuda mencapai lebih dari 1000 mahasiswa. Direktur Universitas Terbuka Surabaya,  Dr Suparti MPd mengatakan bahwa target tersebut berdasarkan tradisi pengalaman sebelum-sebelumnya.

Wisudawan ini berasar dari Program program sertifikat, diploma, pasca sarjana hingga doktor dengan berbagai fakultas. Diantaranya Fakultas Sain dan Teknologi atau Sain Tek, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Sementara untuk Program Pasca Sarjana meliputi Magister Ilmu Administrasi, Magister Manajemen, Magister Ilmu Kelautan, Magister Pendidikan Matematika,  Magister Pendidikan Dasar, Magister Pendidikan Bahasa Inggris dan Program Doktor administrasi Publik dan Manajemen. 

Meski pandemic Covid 19 , jumlah wisudawan tetap sama seperti sebagaimana sebelumnya karena selama pandemi perkuliahan tetap dilakukan.

Jika sebelumnya tutorial tatap muka , selama pandemic diganti menjadi tutorial webinar dengan menggunakan mecrosoft team. Mahasiswa mayoritas tidak kaget dengan system ini karena tutorial online sudah dilakukan sejak sebelum Pandemi Covid 19,” terang Dr Suparti MPd, Direktur Universitas Terbuka Surabaya.

Universitas Terbuka (UT) sebagai perguruan pertama sejak 1984 menerapkan pendidikan tinggi dengan sistem terbuka dan jarak jauh. Misi UT adalah memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahkan hingga ke pelosok desa.

UT memiliki 39 kantor layanan Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) yang tersebar di seluruh Indonesia dan satu Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri. Surabaya merupakan UPBJJ terbesar yang menduduki peringkat tiga dalam jumlah mahasiswa terbanyak seluruh Indonesia di lingkup UT.

Saat ini UPBJJ-UT Surabaya fokus untuk menjangkau yang tidak terjangkau. Selain itu juga memberikan layanan pendidikan tinggi yang berkualitas tanpa batas. Hal itu dibuktikan dengan dominasi lulusan UT saat penerimaan CPNS 2019. Totalnya ada 9.436 lulusan UT di seluruh Indonesia yang lolos CPNS.

Pendaftaran di UT Surabaya dibuka sepanjang tahun. Dalam setahun dua kali gelombang pendaftaran. Untuk semester ini masa registrasi tahun ajaran 2021. Pendaftaran dimulai sekitar Desember.

Ada tiga cara bagi masyarakat yang ingin mendaftar. Pertama bisa langsung mendaftar di laman sia.ut.ac.id secara online. Kedua, langsung mendaftar kekantor UPBJJ-UT Surabaya di Kampus C UNAIR Jalan Mulyorejo. Dan yang ketiga, bisa melalui mitra UT Surabaya di setiap kota/kabupaten. (smartfmsby)

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *