Wali Kota Risma Rencana Siapkan 7,5 Miliar Untuk Pengadaan Vaksin Covid-19

Sumber Foto SmartFM Surabaya · Wali Kota Tri Rismaharini Saat Silaturahmi Online, Sabtu (23/05/2020)

SURABAYA, SMARTFMSURABAYA.com – Berakhirnya pandemi Covid-19 kian terang usai ada kabar vaksin Covid-19 di Indonesia. Tahap awal ini Indonesia menerima 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 siap pakai dari perusahaan asal China, Sinovac, Sabtu (06/12/2020). Rencananya, pada Januari 2021 Indonesia akan menerima 1,8 juta dosis vaksin Covid-19.

Meski telah tiba di Indonesia, pada kenyataannya jutaan vaksin ini belum bisa didistribusikan ke daerah-daerah. Karena proses vaksinasi masih menunggu izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). BPOM Membutuhkan waktu sekitar 3-4 pekan untuk mengkaji dan mengeluarkan ijin edar vaksin Covid-19.

Menanggapai hal ini, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Dinas Kesehatan Kota (Dinkes) Surabaya mengaku telah berkomunikasi mengenai pengadaan vaksin Covid-19 dengan pemerintah pusat. Hasilnya, pemerintah pusat menahan dulu pengadaan vaksin Covid-19 untuk sementara waktu ini.

Wali Kota Risma mengatakan bahwa dirinya rencananya telah menyiapkan anggaran sebesar 7,5 Miliar Rupiah dari CSR perusaahn di Surabaya untuk pengadaan Vaksin covid-19 di Kota Surabaya.

“Menurut Pemerintah Pusat Dinkes sudah komunikasi dan kami akan dibantu. Tapi saya sudah menyiapkan anggarannya untuk pengadaan, kalau itu diperkenankan diijinkan oleh pemerintah pusat. CSR YKP sekitar 2,5 Milyar dan CSR PDAM sekitar 5 Miyar, jadi sekitar 7,5 Miliar. Jadi kami gak ambil dari APBD”, ungkap Wali Kota Risma saat konferensi pers di Rumah Dinas nya, Senin (14/12/2020).

Risma menjelaskan bahwa pengadaan vaksin Covid-19 menjadi prioritas bagi pemegang BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) di Surabaya. Nantinya, dari 3,3 juta jiwa warga Surabaya yang tercover hanya 500-550 ribu orang.

“Kalau ada vaksin tentu bertahap. Jumlah 3,3 juta nggak mungkin langsung selesai. Kalau vaksin datang, otomatis minta bantuan TNI, Polri, Universitas dan seterusnya, katanya, Senin (14/12/2020). Sembari menunggu pemerintah pusat mengizinkan pengadaan vaksin Covid-19, Pemkot Surabaya akan mempersiapkan tenaga medis dari pihak PMI dan dokter. [lin]

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *