Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Salurkan Paket Donasi ke Masyarakat Tambaklorok Semarang

Foto: Penyerahan sumbangan paket sembako YDKK yang diwakilkan oleh Ketua FKD Semarang Victor Yoga terhadap komunitas tukang becak di Pasar Tambaklorok.
 

SURABAYA, SNARTSURABAYA.com – Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) kembali menyalurkan sumbangan kepada warga terdampak pandemi Covid-19 dan banjir rob di Semarang secara bertahap, pada tanggal 1-5 November 2021.

Sejumlah 400 paket sembako dari himpunan donasi pembaca Harian Kompas ini disalurkan kepada masyarakat di Kampung Tambaklorok, Semarang. Paket sembako tersebut terdiri dari beras, tepung terigu, gula, minyak goreng, sarden serta kebutuhan kesehatan berupa vitamin dan masker.

Ketua Forum Komunikasi Daerah Kompas Gramedia Semarang Victor Yoga mengatakan, sumbangan paket sembako tersebut disalurkan oleh Forum Komunikasi Daerah (FKD) Semarang yang diwakili oleh perwakilan Harian Kompas, Toko Gramedia, Hotel Santika, Hotel Amaris, Radio Sonora, KGXpress, KompasTV, dan Tribun Jateng.

“Bantuan itu berupa sembako yang diberikan dari pembaca Kompas. Kami dipercaya menyalurkan bantuan itu kepada masyarakat yang terdampak pandemi korona dan rob. Saya berharap bantuan itu dapat meringankan masyarakat,” kata Victor saat penyaluran donasi pada 3 November 2021.

Sementara itu, Kepala Biro Jateng-DIY Harian Kompas Gregorius Magnus Finesso menambahkan, sumbangan tersebut menyasar ke beberapa pihak, yaitu 300 paket untuk warga kampung nelayan Tambakrejo, 30 paket untuk tukang becak dan pekerja di pasar Tambaklorok, serta 70 paket untuk tukang sapu jalanan sekitar Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Selain itu, DKK akan memberikan bantuan buku untuk Taman Bacaan Kampung Nelayan Tambakrejo sebanyak 200 buku.

“Saat ini kami targetkan untuk masyarakat di sekitar pesisir pantai, karena warga di sekitar pesisir merupakan satu di antara warga yang terdampak, dan dari segi ekonomi menengah ke bawah,” ujar Gregorius.

Menurutnya, selama pandemi Covid-19, di wilayah pantura Jateng, DKK telah menyalurkan ribuan paket bahan makanan pokok bagi korban bencana di Semarang dan Pekalongan, warga ekonomi lemah di permukiman kumuh, hingga penduduk pesisir. Paket bahan makanan tersebut terdiri dari beras, mi instan, gula pasir, minyak goreng, teh, dan tepung.

“Para donatur bisa menyalurkan bantuannya melalui Dana Kemanusiaan Kompas, ” imbuh Gregorius.

Donasi paket sembako ini merupakan bagian dari 17.000 paket sembako yang disalurkan selama masa pandemi sejak Juli 2021 hingga November 2021 oleh DKK. DKK senantiasa menyalurkan bantuan yang dihimpun dari para pembaca Kompas untuk berbagai kelompok masyarakat yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat menginspirasi masyarakat lain untuk turut mengulurkan tangan dalam membantu sesama. [bud]

SmartFM Surabaya

SmartFM, sebuah jaringan radio Group of Kompas Gramedia, yang bersegmentasi business dan inspiration

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *